Menikmati Wisata Malam di Taman Alun Kapuas


Kota Pontianak memiliki beraneka tempat wisata unik untuk didatangi. Salah satunya yang unik ialah menikmati wisata malam di Taman Alun Kapuas.
Taman Alun Kapuas atau sering disebut Korem oleh warga Pontianak merupakan area publik berupa taman water fountain-city. Taman Alun Kapuas terletak di tepian Sungai Kapuas, tepatnya di jalan Rahadi Usman atau di depan kantor wali kota Pontianak. Di Taman Alun Kapuas dapat dijumpai replika Tugu Kathulistiwa.
Taman Alun Kapuas sangat ramai dikunjungi, terutama diwaktu malam hari. Dengan suguhan pemandangan luas air Sungai Kapuas dan hembusan sepoi angin senja Kota Pontianak, membuat suasana batin menjadi tenang dan rileks.
Memasuki area depan taman, kita dapat menemukan atraksi air mancur (water fountain) yang menari mengikuti alunan musik. Atraksi ini hanya diputar selepas petang dan hanya sekitar 15 – 30 menit saja.
Tepat di sisi water fountain, terdapat tempat duduk berupa tribun layaknya stadion. Ditempat ini biasa digelar acara-acara seperti nonton bareng menggunakan layar lebar,event pagelaran budaya, dll.

Banyak fasilitas yang terdapat di Taman Alun Kapuas, seperti toilet, area bermain anak, PKL souvenir, dan tempat makan. Terdapat juga hiburan perahu wisata yang mengajak Anda berkeliling menyusuri Sungai Kapuas sembari menikmati santapan di atas perahu.







Wisata perahu Sungai Kapuas


Taman Alun-Alun Kapuas juga dijadikan tempat pelaksanaan berbagai event, seperti lomba meriam karbit, lomba layang-layang, Festival Budaya Bumi Khatulistiwa, dan berbagai eventlainnya yang berkaitan dengan kebudayaan dan pariwisata.
Menjelang malam hari tiba, suasanya di Taman Alun Kapuas semakin ramai pengunjung. Ragam pengunjung dari keluarga, remaja, dan orangtua kerap memadati lokasi. Seperti Sofia dan rekan-rekannya yang tiap malam minggu datang ke Taman Alun Kapuas.
“Kami hampir tiap malming kumpul di sini, sekedar ngobrol cari angin saja. Biasa cuman makan sosis dan minum kopi saja,” ujar mahasiswa salah satu universitas swasta di Kota Pontianak tersebut.
Ia menuturkan lebih lanjut, lebih baik menghabiskan waktu malam di sini (Taman Alun Kapuas) daripada di tempat-tempat yang kurang baik. Selain dekat dari rumah kos, juga terjangkau dari masalah biaya.
Meskipun begitu, Taman Alun Kapuas perlu mendapatkan perhatian lebih serta penataan lokasi menjadi lebih nyaman lagi bagi para pengunjung. Terutama dari segi keamanan dan fasilitas publik di lokasi.
“Rencana Pemkot merenovasi Taman ini ya bagus, pedagang di sini kurang tertata, banyak preman juga. Penutupan lokasi oleh Pemkot tidak masalah demi perbaikan lokasi favorit kita,” ujar Sofia.
Tidak salah rasanya jika Anda datang ke Kota Pontianak dan menghabiskan waktu malam di Taman Alun Kapuas bersama dengan keluarga ataupun teman. Dengan luas sekitar 3 hektar, menjadikan Taman Alun Kapuas sebagai salah satu tujuan wisata favorit di Kota Pontianak.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 7/27/2015 03:45:00 am

ARTIKEL TERPOPULER