Fakta mencengangkan tentang minuman ringan dan efeknya bagi tubuh


Apakah Anda termasuk orang yang suka minum soft drink (minuman ringan)? Jika ya, sebaiknya Anda berhenti melakukannya, karena itu bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda. Berikut adalah tujuh fakta mencengangkan tentang minuman ringan dan bagaimana efeknya bagi tubuh, seperti dilansir Boldsky.

1. Melemahkan tulang 

Minuman ringan dapat menghilangkan kalsium dari tulang, sehingga membuat tulang menjadi lemah dan rapuh. Asam fosfat yang ditambahkan dalam minuman ringan membuatnya jadi asam dan itu bisa menggerus kalsium dari tulang Anda. 

Bukan cuma itu. Kafein yang dimasukkan dalam minuman ringan juga dapat mencegah penyerapan kalsium oleh tulang, yang selanjutnya dapat melemahkan tulang. 

2. Menaikkan berat badan 

Minuman ringan yang Anda biasa konsumsi bisa membuat tubuh gemuk. Hal itu karena minuman ringan mengandung kadar gula yang tinggi. Oleh karena itu, minuman ringan sering dikatakan sebagai pemicu obesitas. Dan Anda harus sudah menyadari bahwa obesitas bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

3. Depresi dan kecemasan 

Konsumsi minuman ringan dalam jangka panjang dapat menyebabkan perubahan suasana hati, depresi dan mudah tersinggung. Kandungan aspartam yang ditemukan dalam minuman ringan dapat mengubah komposisi kimia dari otak, yang menyebabkan suasana hati jadi buruk dan mudah depresi.

4. Diabetes 

Orang yang memiliki tubuh gemuk dan riwayat keluarga diabetes harus menghindari minuman sarat gula ini. Minuman ini bisa meningkatkan risiko Anda terkena diabetes. 

5. Meningkatkan risiko kanker 

Banyak bahan kimia berbahaya yang ditambahkan dalam minuman ringan, yang dapat merusak sel-sel tubuh dan memicu kanker. Akumulasi bahan kimia beracun itu di dalam tubuh dapat memperbesar risiko Anda terkena kanker.

6. Memperlambat fungsi ginjal 

Minuman ringan dapat mengganggu fungsi ginjal. Bahan kimia yang terkandung dalam minuman ringan akan menumpuk di ginjal dan mengganggu kerja ginjal. 

7. Mengidam makanan manis

Setelah menenggak minuman ringan, Anda akan menginginkan lebih banyak makanan manis. Jika Anda menyerah pada keinginan Anda, Anda akan berakhir dengan kadar gula darah yang tinggi dan peningkatan risiko diabetes.

Inilah tujuh fakta mencengangkan tentang minuman ringan dan bagaimana efeknya bagi tubuh. Alih-alih mengonsumsi minuman ringan dari berbagai merek, Anda lebih disarankan untuk minum air 8-10 gelas per hari.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 9/15/2015 05:45:00 pm

ARTIKEL TERPOPULER