Tempat Wisata di Singkawang Yang Wajib Dikunjungi


Singkawang, kabarkalbar.com – Singkawang merupakan salah satu daerah yang sedang berkembang di Provinsi Kalimantan Barat. Singkawang  terletak sekitar 145 km sebelah utara dari Kota Pontianak. Sebagian besar wilayah Singkawang terdiri dari dataran tinggi berupa perbukitan dan dataran rendah berupa perairan pantai. Keadaan geografis tersebut membuat Singkawang dianugerahi panorama alam yang istimewa.
Bagi masyarakat Kalbar, sudah sejak lama Singkawang menjadi salah satu pilihan tujuan berwisata. Melihat potensi pendapatan daerah yang besar dari sektor pariwisata, Pemkot Singkawang terus membenahi lokasi-lokasi wisata yang yang di daerah pemerintahannya. Tidak ada salahnya jika memasukkan Singkawang ke daftar wisata selanjutnya. Berikut tempat wisata di Singkawang yang wajib dikunjungi :
1. Pantai Pasir Panjang
Tempat wisata ini sudah menjadi tempat rekreasi yang terkenal di Kalbar. Letaknya yang menghadap langsung ke laut Natuna membuat air di pantai ini bersih dan biru. Selain itu pemandangan Pulau Lemukutan, Pulau Kabung, dan Pulau Randayan semakin menambah pesona di Pantai Pasir Panjang. Selain bermain di pantai, kita juga dapat menjelah pulau-pulau tersebut menggunakan perahu-perahu kecil dan speed boat yang disewakan.
2. Sinka Island Park
Lokasi ini berada di Jalan Malindo Teluk Karang, Kelurahan Sedau atau berjarak sekitar 8 km dari Kota Singkawang. Lokasi ini merupakan perpadua dari lokasi alam dan buatan. Sinka Island Park mencangkup tiga lokasi wisata sekaligus yaitu Sinka Zoo, Pulau Simping, dan Pantai Bajau.
Namun terdapat satu lokasi wisata yang menjadi sorotan dan diwajibkan untuk dikunjungi, yaitu Pulau Simping. Kenapa Pulau Simping, karena merupakan pulau terkecil di dunia menurut PBB. Selain hal itu, Pulau Simping memiliki keunikan tersendiri. Letak Pulau Simping yang berada di peraian membuat pemandangan dan kondisi air di lokasi tersebut masih sangat alami. Untuk berkunjung ke Pulau Simping, cukup hanya dengan berjalan kaki dari Sinka Island Park menyusuri jembatan penghubung yang terbuat dari kayu dengan panjang sekitar 200 meter.
3. Klenteng Yayasan Dharma Suci Mulia
Singkawang mendapat julukan ‘Negeri Seribu Klenteng’ karena memang banyak klenteng yang tersebar di seluruh penjuru Singkawang. Banyaknya klenteng-klenteng tersebut, terdapat satu klenteng yang wajib dikunjungi untuk berwisata.
Klenteng Yayasan Dharma Suci Mulia atau sering disebut dengan Klenteng Surga Neraka ini terletak di kaki Gunung Pasi, Desa Sempalit Kecamatan Singkawang Selatan. Disebut demikian karena lokasinya berada di bukit tertinggi di Singkawang dan terdapat beberapa tempat pemujaan bagi masing-masing dewa menurut kepercayaan etnis Tionghoa.
Pemandangan alam di hadapan klenteng ini sangat mempesona dan memanjakan mata. Pada bagian depan terbentang pemandangan lautan yang memanjang berwarna biru, sedangkan di belakang kelenteng terdapat pemandangan alam berupa pegunungan yang berwarna hijau. Pemandangan yang sangat kontras tersebut ditambah dengan kesejukan udara alam yang begitu bersih dan jernih merupakan tempat yang cocok untuk berelaksasi melepaskan penat kehidupan.
4. Taman Bukit Bougenville
Tempat wisata di Singkawang terakhir yang wajib dikunjungi yaitu Taman Bukit Bougenville. Lokasi wisata buatan ini berupa taman bunga dan area bermain keluarga. Taman bunga ini terletak di sebelah selatan, tepatnya di Kelurahan Sijangkung dan berjarak sekitar 6 km dari pusat Kota Singkawang.
Taman ini memiliki luas sekitar 1,5 hektare. Posisinya terletak di kaki bukit membuat suasana sejuk ditambah dengan pemandangan latar belakang Gunung Pasi dan dikelilingi areal hutan-hutan serta perkebunan.
Berdampingan dengan Taman Bukit Bougenville, terdapat lokasi wisata Taman Chidayu. Tidak berbeda dengan Taman Bukit Bougenville yang berudara sejuk, taman ini mempunyai ciri khusus yaitu terdapat tempat pemancingan, area kebun buah, taman bunga, dan taman bermain anak-anak.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 7/27/2015 03:44:00 am

ARTIKEL TERPOPULER